GOA JEPANG ANDALAN WISATA LHOKSEUMAWE


Lhokseumawe - Objek lokasi bangunan Goa Jepang, menjadi salah satu andalan pariwisata Kota Lhokseumawe untuk tahun kunjungan wisata 2015 Kota Lhokseumawe.

Dijadikannya objek peninggalan sejarah tersebut sebagai salah satu objek wisata andalan Kota Lhokseumawe, selain memiliki nilai historis juga memiliki panorama alam yang bagus.

Walikota Lhokseumawe Suaidi Yahya yang didampingi oleh Kadis Perhubungan Budaya dan Pariwisata Kota Lhokseumawe Ishaq Rizal, Rabu kemarin mengatakan, lokasi Goa Jepang yang terletak di Gampong Blang Panyang Kota Lhokseumawe, merupakan salah satu bangunan peninggalan masa penjajahan Jepang yang digunakan sebagai tempat persembunyian tentara Dai Nippon dimasa lalu.

Lokasi Goa yang terdapat dikawasan perbukitan Cot Panggoi itu, juga memiliki panorama alam yang bagus. Bahkan, jika berada di tempat tersebut, maka akan tersuguhkan empat dimensi panorama yang bisa disaksikan.

Menghadap ke Utara, akan terlihat perairan Selat Malaka, sebelah Selatan perbukitan, sebelah Timur akan terlihat daratan Kota Lhokseumawe dengan jelas sedangkan menghadap ke Barat akan terlihat bangunan industri raksasa pengolahan gas alam PT.Arun dan perusahaan pupuk PT.PIM. “Goa Jepang ini, selain memiliki nilai historis juga memiliki panorama alam yang bagus serta bisa melihat ke Empat arah yang berbeda pemandangannya. Sehingga sangat layak untuk dijadikan salah satu lokasi andalan pariwisata di Kota Lhokseumawe,” ujar Walikota, hari ini.

Untuk mendukung lokasi tersebut sebagai salah satu objek wisata pilihan, Pemko Lhokseumawe melalui dinas terkait terus melakukan pembenahan. Baik sarana maupun sarana yang dapat mendukung lokasi tersebut.

Diantaranya, dengan pembangunan sarana jalan yang dapat dilalui kendaraan roda empat, juga ada bangunan lain yang dianggap penting serta kesiapan masyarakat setempat yang tergabung dalam kelompok Sadar Wisata.

Bahkan, direncanakan akhirt tahun 2014, untuk lebih mengairahkan lagi kunjungan wisata ke tempat tersebut, pihak dinas terkait akan menggelar pentas seni dan juga lomba melukis dan mewarnai.

Lanjut walikota, dilokasi yang selain memiliki nilai historis dan panorama alam yang bagus juga berpotensi untuk dijadikan kegiatan olah raga ekstrim. Seperti panjat bukit dan lain sebagainya.

Di Kota Lhokseumawe sendiri, selain objek Goa Jepang yang dijadikan lokasi andalan, juga ada objek wisata lainnya yang layak dikunjungi. Antara lain, kawasan Waduk Pusong, Pantai Pulau Seumadu, Pantai Ujong Blang, kawasan KP3 dan juga Masjid Agung Islamic Centre

Komentar