jalan"belakang" banda aceh-laweung pidie

Sudah 2 kali  lewat jalan yang menghubungkan krueng raya(aceh besar) dengan laweung(pidie). Sering aku menyebutkan jalan”belakang” untuk pulang ke aceh utara. Kenapa? Karena memang jalanannya yang sepi kecuali mobil-mobil tanki pertamina sesekali nongol. Jalannya berbeda dengan seulawah. Seulawah banyak tikungan turun nanjak sedangkan jalan” belakang” ini tidak terlalu banyak tikungan, hanya sekitaran pasir putih nanjaknya kemudian akan kembali ke jalan normal seperti biasa.
Melewati jalan ini ada satu kelebihan di bandingkan dengan seulawah, di samping bisa menikmati pemandangan gunung seulawah, melewati jalan ini juga menawarkan pemandangan yang membuat kita tabjuk. Pantai yang indah akan mengelilingi dan menemani sepanjang perjalanan kita. Pantai yang kebiru-biruan masih indah belum banyak tangan dan kaki yang menjamahnya. Sebaiknya ketika melewati jalan ini tidak terlalu sore karena selain jalanannya yang sepi juga perkampungan penduduk yang jarang-jarang. Usahakan dari siang melewati jalan ini. selain untuk bisa menikmati pemandangan alam, juga untuk keselamatan karena belum pernah saya melewati jalan ini.Untuk menuju jalan ini cukup mudah sebenarnya. Dari kota banda aceh kita lewat krueng cut untuk menuju ke krueng raya. Kemudian dari krung raya perjalanan di lanjutkan sampai ke pasar laweung belok kanan kemudian lurus sampai ke jalan nasional banda aceh-medan. Sebenarnya jalan ini bisa sampai ke BATEE tapi jalannya masih berbatu dan rusak sangat. Tergantung pada kawan-kawan mau milih apa hehe.Sepanjang perjalanan sewaktu sudah masuk wilayah pidie dipinggir jalan sawah penduduk suatu yang menyejukkan mata. Pada sangan musin kemarau sawah ditanami palawija seperti mentimun dll. Aku jujur sangat bergairah bila melewati tempat ini. saya saking penasarannya nekad melewati jalan ini sendiri tanpa ada kawan yang aku ajak. Pada kali kedua baru ada kawan yang akau ajak karena si kawan penasarannya juga katanya heheKawan-kawan yang lain penasaran tidak ?   aku rasa penasaran iaa hhaha
Kawan-kawan di banda aceh yang ingin pulang ke pidie, pijay, bireun, lhokseumawe, aceh utara, aceh timur dan lain ke seluruh indonesia yang menempuh jalan darat bisa mencoba jalan ini. akan lebih baik kalau bareng-bareng, jadi rada-radanya kayak touring gitu hehe.. 

Komentar