Kopi Sanger, Capuccino dari Aceh


Tidak kalah dengan Italia dalam hal kopi, Indonesia pun punya kopi nan legit. Di Aceh ada kopi nikmat ala capuccino bernama Kopi Sanger yang harus anda ketahui dan wajib coba kenikmatannya.

Jika anda pernah bertandang ke Aceh, pastinya anda tahu tentang kopi khas sana. Tapi bagaimana dengan salah satu menu yang diolah dari kopi menjadi nama yang sering-sering disebut dengan sanger, pernah kah anda mendengar atau mencicipinya?

Aceh yang identik dengan sebutan fenomenal 'Kota 1001 Warkop' memang lama telah melekat selain juga istilah itu ada di Belitung. Tak hanya mendapatkan sebutan fenomenal, inovasi baru warung kopi di Aceh juga menghasilkan citarasa kopi yang sungguh sangat khas, yang dikenal dengan sebutan kopi sanger.

Kopi sanger dibuat dari campuran kopi hitam baik dari biji robusta atau arabika dan susu kental manis campur gula. Jika dilihat sekilas, Sanger secara umum persis seperti kopi susu atau seperti campuran capuccino.

Namun soal rasa, sanger memiliki citarasa yang berbeda dari kopi susu. Dikarenakan sanger memiliki takaran kopi dan susu yang berbeda. Karena selain dibuat dengan takaran yang berbeda, kopi yang diseduh lewat saringan yang mirip kaos kaki ini juga ditambahkan dengan susu kental dan sedikit gula yang kemudian dikocok sampai berbuih.

Untuk mendapatakan minuman sanger yang mantap, campuran susu dan gulanya betul-betul disesuaikan oleh peraciknya. Sanger menjadi salah satu minuman khas Aceh yang unik dan berbeda dari kopi susu. Setahun yang lalu di salah satu akun publik di Aceh sempat diangkat soal kopi sanger untuk diperingati khusus pada satu hari.

Jadi, kenapa tidak? potensi dari segelas kopi sanger juga sudah selayaknya dikenal oleh dunia sebagai minuman kopi khas Aceh sama seperti halnya Capuccino dari negeri Italia.

Semoga saja hari sanger alias 'Sanger Day' menjadi ide menarik untuk hadir di Aceh, apalagi bagi Anda yang penasaran dengan minuman ini juga bisa berkunjung ke Aceh sembari menikmati liburan. Bagaimana Anda tertarik?

SUMBER: Detik.com

Komentar