Kenapa Blogspot.com dialihkan menjadi .co.id


Hari ini terjadi perubahan pada domain blogspot.com ke blogspot.co.id, jadi saat anda membuka  blog anda yang blogspot.com otomatis akan redirect / dialihkan ke blogspot.co.id, apakah gerangan yang terjadi ? Setelah mengecek sana sini, ternyata bukan saja blog dari indonesia dan berbahasa Indonesia saja yang akan dialihkan ke co.id, blog dari luar dan berbahasa inggris juga akan dialihkan ke blogspot.co.id. Kesimpulan sementara saya apabila kita mengakses dari IP Indonesia maka otomatis dialihkan.

Kenapa terjadi perubahan Domain Blogspot.com menjadi Blogspot.co.id
Alasan dari perubahan domain blogspot mungkin dikarenakan blogger ingin agar dapat melakukan pemetaan domain sesuai negara, agar dapat mudah melakukan pemantauan terkait data bes pendaftar/pengguna blogger sesuai  lokasi.

Apakah pengalihan domain blogspot ke domain negara mempengaruhi SEO?
Ini adalah pertanyaan yang tentunya kita harus tunggu bersama jawabannya. Tapi saya rasa pihak blogger dan Google sudah memperhitungkan itu semua. Bayangkan saja jika jumlah negara dengan spesifik domain ada 100. Itu berarti satu artikel akan ada di 100 domain berbeda. Apakah tidak akan terhitung sebagai artikel copy paste? Jawabnya adalah belum ada kepastian. 

Yang menjadi pertanyaan kedua adalah bagaimana dengan pagerank? Bukankah pagerank diarahkan ke .com? Lalu apa yang terjadi dengan semua backlink itu jika untuk indonesia yang dihidangkan adalah .co.id? Seperti data yang sudah saya sebutkan diatas, pagerank memang sudah berubah. Tapi semoga saja ini langkah awal google untuk  kembali mengupdate pagerank yang dari artikel yang banyak saya baca bahwa google sudah lama tidak mengupdate pagerank, dan terakhir akhir 2013.

Dari pantauan sekarang ini, pengalihan domain tersebut masih belum berpengaruh ke SEOdan pencarian di Google dan semoga saja tidak. Dan kita menunggu pengumuman resmi dari pihak yang terkait dan yang lebih mengerti.

kesimpulan dan Solusi :
Bersabar menunggu kabar terbaru oleh blogger di dashboard blog masing-masing
Jika anda ingin menampilkan iklan adsense segera melakukan izin pengiklan dengan memasukkan domain sesuai domain baru CO.ID yang anda miliki dan memasukkan script baru dari unit iklan. Disarankan namun lebih baik menuggu berita perubahan dari blogger.com


Komentar

aaafafa mengatakan…
ouh jadi ini salah satu penyebab iklan adsense ane ga keluar .. nice info gan ...