Propaganda

Propaganda adalah sebuah upaya disengaja dan sistematis untuk membentuk persepsi, memanipulasi alam pikiran atau kognisi, dan memengaruhi langsung perilaku agar memberikan respon sesuai yang dikehendaki pelaku propaganda. Propaganda tidak menyampaikan informasi secara obyektif, tetapi memberikan informasi yang dirancang untuk memengaruhi pihak yang mendengar atau melihatnya.
Tujuannya adalah untuk mengubah pikiran kognitif narasi subjek dalam kelompok sasaran untuk kepentingan tertentu.
Ketakutan terhadap suatu kondisi adalah salah satu pemicu lahirnya propaganda dengan tujuan yang sudah terukur. Banyak alasan yang membuat seseorang takut pada setiap event yang diikuti, salah satunya adalah kekurangan yang terdapat pada individu/kelompok nya,namun dilain sisi menjadi kelebihan pada individu/kelompok lain.
Ketakutan ini berperan besar dalam mengsugesti pikiran seseorang untuk terus aktif meracik isu yang mampu ditelan bulat-bulat oleh publik.
Card stacking adalah suatu teknik pemilihan fakta dan data untuk membangun kasus di mana yang terlihat hanya satu sisi suatu isu saja, sementara fakta yang lain tidak diperlihatkan. Dan teknik ini sangat mapan untuk mempengaruhi/mengorganisir alam bawah sadar publik untuk ikut hanyut dalam aliran isu yang dikembangkan,sehingga yang sadar menjadi tertidur,yang tertidur akan menjelajahi alam mimpi.
Ini adegan berbahaya.
Jangan lakukan ini dirumah.
Adegan Proganda ini hanya mampu dilakukan oleh ahli,berpengalaman dan profesional.

Komentar