Cara Percepat Android Yang Lelet



Reviuin kali ini akan membahas tentang bagai mana Cara Percepat Android Yang Lelet Tanpa Root Tanplea Aplikasi Lain, sebelumnya saya lihat sudah banyak diforum-forum  grub-grub diskusi atau blog yang membahas tentang cara percepat android yang lelet, tetapi saya rasa tidak ada salahnya jika saya sedikit mereviu bagai mana cara mempercepat android tanpa aplikasi lain ( aplikasi pihak ketiga) dan root.

Penyebap smartphone atau tablet yang berbasis sistem oprasi android menjadi lelet atau kurang respon bisa dipicu banyak hal, dan begitu pula cara menaganinya. Sebenarnya semartphone kita sudah didesain dan dirancang sedemikian rupa agar dapat memenuhi kebutuhan para penggunanya namun kadang memang terdapat sedikit kendala yang tidak jarang kita alami yaitu smartphone atau tablet menjadi lelet. Untuk mengatasinya secara standar smartphone yang kita miliki telah memiliki aplikasinya sendiri untuk mngatasi hal tersebut namun kadang para pengguna smartphone ini ada dan kadang tidak menyadarinya fiture penting tersebut dan malah mencari/ memasang aplikasi pihak ketiga untuk percepat/bost android.

Lalu bagai mana kita mempercepat android yang lelet? Berikut adalah beberapa Cara Percepat Android Yang Lelet Tanpa Root Tanpa Aplikasi Lain.

Penyebap smartphone menjadi lelet yang paling utama adalah karena panas yang berlebihan, panas yang berlebihan ini bisa timbul dari berbagai faktor diantaranya menjalankan aplikasi berat seperti game, mengunakan ponsel sambil mengisi daya, jaringan seluler/ wifi sedang digunakan. Untuk mengatasinya cobalah tutup aplikasi yang tidak digunakan atau tidak mmelakukan multitasking, jangan menggunakan smartphone ketika sedang mengisi daya dan carilah jaringan yang stabil.

Banyaknya aplikasi yang berjalan dilatar belakang, ini hanya beda tipis pada kasus diatas dimana membuka banyak aplikasi sekaligus tentunya membutuhkan pnformance yang tinggi yang dibutuhkan smartphone sehingga smartphone menjadi kurang respon, cara mengatasinya anda bisa menutup aplikasi yang tidak lagi digunakan dengan cara menghapus recent app atau menutup secara paksa aplikasi tersebut melalui menu pengaturan aplikasi.

Aplikasi yang terlalu banyak terintal pada sebuah smartphone atau tablet juga dapat mngurangi penformance android tersebut ini karena keterbatasan memori pengelola RAM dan kapasitas penyimpanan ROOM. Untuk mengatasinya hapus aplikasi yang tidak terlalu penting agar Ram dan Room smartphone atau tablet menjadi sedikit lebih lega. Cara lainya untuk membuat memory penyimpanan kita menjadi lebih lega adalah dengan menggunaka memory external.
File sampah dan cash aplikasi yang menumpuk, jika kita mendownload aplikasi boster untuk mempercepat android biasanya akan ada kita jumpai banyaknya file sampah berupa aplikasi yang tidak dipakai , cas aplikasi, folder kosong thumnail dan lain-lain. Taukah anda ada cara alami dalam artian aplikasi bawaan smartphone untuk membersihkan itu semua caranya pergi kemenu keamanan > pilih kecepatan > lalu pilih akselerator, selain itu cara lainya adalah pergi kemenu pengaturan > aplikasi > pilih aplikasi yang di inginkan > lalu pilih hapus cas dan hapus data ( untuk hapus data ini akan mmenghapus semua data pada aplikasi yang dipilih termasuk didalamnya pengaturan , sandi atau file lainya jadi sebelum melakukanya harap ditinjau kembali apakah ada data penting atau tidak).

Notifikasi, pernahkah anda sedang melakukan streeming, vidio call, bermain game tiba-tiba smartphone atau tablet menjadi lelet setelah adanya notifikasi dari sebuah aplikasi yang terpasang atau pengaturan smartphone itu sendiri. Notifikasi sejatinya sangat penting namun ada kalanya aplikasi yang kita pasang selalu memunculkan notifikasi bahkan untuk hal yang tidak terlalu penting hal semacam ini akan mengurangi penformance dari android tersebut, untuk mengatasinya kita bisa menon aktifkan notifikasi dari aplikasinya sendiri atau dari menu pengaturan aplikasi bawaan smartphone/ tablet. Gunakan / aktifkan notifikasi untuk aplikasi yang penting saja.

Reset dan restart smartphone atau tablet, ini adalah cara terakhir untuk mempercepat dan mengembalikan smartphone kita kekondisi awal bawaan pabrikan, pastikan sebelum anda melakukanya anda sudah membuat file cadangan yang penting seperti daftar kontak telfon, galeri foto atau file lainya.


Itulah beberpa langkah yang bisa kita lakukan untuk mempercepat android kita agar tidak lelet, terlepas dari pada itu semua faktor penggunalah yang harus diperhatikan penggunaan yang wajar akam membuat smartphone kita semakin awet dan tahan lama.

Komentar