Antara ilmu dan harta

Almuzhanni 89
Assalamu'alaikum sauadara,  sahabat bloger yang dirahmati Allah. Ada pepatah mengatakan "dengan ilmu hidup akan terarah, dengan harta hidup akan terasa susah." sebenarnya apakah landasan hingga timbul pepatah sedemikian rupa,  sehingga isi pepatah ini membandingkan antara ilmu dan harta.

Saudara...
Sejarah kehidupan membuktikan. Bagaimana kehidupan seseorang yang menjalaninya di iringi dengan ilmu, begitu pula kehidupan, yang semua hal dikendalikan dengan harta. Suatu ketika,  sayyidina 'Ali karamalllahu wajhahu pernah di tanyai oleh salah seorang sahabat tentang ilmu dan harta. "Ya ' Ali,  siapakah yang lebih mulia antara ilmu dan harta???"  sambil tersenyum sayyidina 'Ali karamallahu wajhahu menjawab "ilmu, karena ilmu itu yang akan menjaga mu, bila harta engkau yang akan menjaganya. Bila engkau memiliki ilmu,  maka engkau laksana raja, yan kemana mana selalu dikawal dan dijaga di setiap gerak langkah dan hembusan nafasmu. Saat engkau mau melakukan kemaksiatan, maka ilmu hadir di jiwamu sambil membisikkan "ingatlah Allah mengetahui setiap dosa yang engkau kerjakan."  begitu pula bila di saat engkau ingin menghadap Allah,  engkau ingin bermunajah kepada nya. Maka ilmu akan menuntun mu untuk melakukan nya dengan sebenar nya. Maka jadilah dirimu laksana raja yang tidak pernah luput dari pengawalan ilmu. Akan tetapi wahai saudara ku,  bila engkau memiliki banyak harta, namun tanpa ilmu maka engkau akan menjadi budak bagi harta yang telah susah payah engkau mencari nya. Bila engkau hendak bepergian, maka engkau akan merasa was was tentang keselamatan harta mu. Bila engkau ingin tidur di kala malam,  engkau belum merasa nyaman bila belum memeriksa gudang harta mu. Maka nyatalah engkau bagaikan budak bagi harta harta yang engkau miliki. "

Saudara...
Diantara lain kelebihan ilmu dibandingkan harta cukup banyak. Anatara lain,  harta bila engkau memberikan kepada orang lain, tanpa di dasari ilmu. Maka harta tersebut akan sedikit demi sedikit terkuras. Namun bila setiap harta yang engkau keluarkan di iringi dengan dasar ilmu. Misalakan kita tau tentang masalah sedekah, waqaf dan sebagainya. Maka setiap harta yang kita infakkan di jalan Allah, atas dasar pengawalan ilmu, maka harta tersebut in sya Allah akan bertambah bertambah dan akan yerus bertambah. Inilah diantara lain kelebihan ilmu di bandingkan harta. "ilmu sanggup menjaga harta, akan tetapi sebaliknya, harta tidak akan pernah bisa menjaga ilmu."

Saudara kiranya goresan kami yang singkat ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Semoga kita kelak termasuk dari hamba hamba Allah yang berilmu penuh dengan keridhaan nya.
Wassalamualaikum

Sumber :#himpunanpepatahmasadulu
                #katakatanasehatdarisayyidina'Ali

Komentar