Jikalau bukan karena 'Ulama

Almuzhanni 89
Assalamu'alaikum sahabat hijrah dijalan Allah. Setiap kita manusia jelas memili kesilapan, kekurangan bahkan kesalahan. Baik hal demikian terjadi dengan sengaja maupun tanpa sengaja. Karena ini merupakan hal lumrah nya seorang manusia yang banyak silap dan lupa. Oleh karena demikian, disaat kita langkah tergelincir dari tuntunan Allah. Maka sewajarnya bahkan suatu kewajiban kita kembali ke jalur yang diridhai Allah. Lalu dimanakah jalur tersebut??? Maka ini sebuah tandatanya besar bagi kita bila ingin kembali ke jalur nya. Jalur tersebit akan kita dapati bila kita kembali mencoba mendekatkan dirikita kepada Allah, melalui nasehat dan wujengan dari para 'Ulama.

Saudara yang dirahmati Allah...
' Ulama merupak pewaris para nabi dan Rasul. Oleh karena demikian,  maka sewajarnya kita menuntut ilmu dan nasehat dari mereka, yang sudah jelas jelas ajaran dan ilmu yang akan mereka salurkan kepada kita. Dari mereka pula kita akan mendapatkan petuah petuah yang akan menuntun kita untuk kembali dekat dengan Allah. Sebagaimana dalam sebuah hadis yang artinya "jikalau bukan karena 'Ulama sungguh kita manusia bagaikan binatang."

Sauadara...  Mengapa Rasulullah mengungkapkan demikian???  Hal ini tak lepas dari kehiduapn manusia bila tanpa seorang guru yang mengarahkan jalan hidup nya. Karena hidup tanpa aturan,  bagaikan air mengalir tanpa saluran. Maka Al hasilnya, air akan meluber kemana mana, tanpa arah dan tujuan yang bermakna. Maka begitu pula lah, hidup kita bila tanpa di pandu oleh para 'Ulama, berdasarkan aturan dan undang undang yang Allah cantumkan di falam Alquran. Kalaupun kita ingin mengambil sendiri pelajaran dan nasehat dari Alquran tanpa didikan dan arahan dari seorang ulama. Maka wal hasil kita akan tersesat jauh dari prmahaman yang sebenarnya, yqng akan semakin menyesatkan kita jauh daripada ridha Allah.

Saudara kiranya goresan goresan ini bermanfaat. Bila ada kesilapan dan kata kata yang kurang sopan mohon diperbanyak maaf nya. Wassalamualaikum

Sumber :#kajianAlquranahlussunnahwaljamaah

Komentar