Ketika sang malaikat jibril menyamar sebagai seorang manusia

Al Muzhanni 
Malaikat merupakan hamba Allah yang mulia dan unik. Kemuliaan yang di sematkan kepada malaikat tak lepas dari begitu ta'at nya malaikat dalam melaksanakan semua perintah Allah. Namun hal ini juga tak terlepas dari keunikan nya yang tanpa memiliki nafsu seperti kita manusia. Namun ada kelebihan yang Allah berikan kepada malaikat, yakni mereka bisa merubah wujudnya dalam penyamaran sebagai seorang manusia. Sedangkan kita manusia takada satupun yang bisa menyamar menjadi seorang malaikat.

Diantara para malaikat yang paling sering menyamar (melakukan penyamaran) menjadi manusia ialah malaikat Jibril. Sebagaimana yang terjadi pada suatu hari, disaat Rasulullah bersama para sahabat duduk di teras mesjid, tiba tiba datanglah seorang lelaki (malaikat jibril)  yang memakai pakayan serba putih, serta dengan penampilan rambutnya yang begitu hitam dan lebat. Lalu lekaki itupun  (malaikat jibril) duduk dihadapan Rasulullah. Kedua lutut sang lelaki di sandarkan ke dua lutut Rasulullah, dan dua telapak tangan lelaki tersebut di letakkan di atas dua paha Rasulullah. Serya Dia memulai dengan pertanyaan "Yaa Rasulullah beritau olehmu akan daku tentang apakah itu islam???". Rasulullah pun menjawab "Islam itu bahwa kita meng I'tiqadkan yang mana tiada tuhan selain Allah, dan Nabi Muhammad saw adalah utusan Allah, melaksanakan shalat, membayar zakat, melaksanakan puasa, serta melakukan haji bila kita mampu".  Lalu lelaki tersebut pun (malaikat jibril) berkata "Shadaqta (benarlah engkau wahai Rasulullah)."  lalu malaikat jibril pun kembali bertanya "apa itu Iman???."  Rasulullah pun menjawab "Iman ialah,  bahwa engkau meyakini akan adanya Allah, meyakini akan adanya malaikat, meyakini akan adanya Rasulullah (semua utusan Allah), meyakini akan adanya kitab Allah. Meyakini akan adanya hari kiamat, serta meyakini qadha dan qadar Allah." kembali lelaki tersebut mengatakan "Shadaqta (benarlah Engkau)."
Inilah satu diantara banyaknya dimana malaikat jibril melakukan penyamaran sebagai seorang manusia,  sebagaimana dalam tulisan kami diatas.
Semoga tulisan singkat ini memberi manfaat bagi kita smua,  semoga kita selaluz dalam ridha Allah. Aamiiinn.
Sumber : #kitabmajalisussaniah
                 #kitabmatanarba'innawawiyah

Komentar