Tiga golongan manusia menurut kacamata agama

Al muzhanni 
Sauadara ku sekalian yang dirahmati Allah. Hidup didunia ini tidak terlepas kita dari yang namanya agama. Baik kita y beragama islam dan lain sebagainya. Namun imam Al ghazali berpendapat,  bila dilihat dari sudut pandang kacamata agama, maka manusia ini terbagia kedalam tiga golongan.

Adapun yang pertama golongan saliimun. Yakni dalam golongan ini ialah manusia manusia y hidupnya hanya di hiasi dengan melalukan perintah Allah serta menjawuhi larangan Nya. Tanpa mereka iringi dengan amaliah amaliah sunnah. Akan tetapi syukur Alhamdulillah manusia dalam golongan ini mendapat jaminan masuk surga.
Adapun golongan yang kedua ialah Raaihun atau Ribhun, mereka ialah golongan manusia yang senantiasa ta'at akan Allah, dengan kata lain menjunjung tinggi perintah agama dan menjawuhi larangan syari'at agama. Tidak lupa setiap ibadah wajib mereka terus mereka iringi dengan amaliah sunnah,  baik puasa, shalat dan lain sebagainya.
Adapun golongan yang terakhir ialaha Khasiirun daalam artian rugi. Tentunya tidak akan pernah ada diantara kita yanh ingin rugi bukan. Kalo tidak maka hendaknya kita mencoba dan terus berupaya menjawuhi golongan ini. Mereka ialah golongan yang selalu dalam murka Allah. Bagaimana tidak, mereka tidak pernah mau menta'ati syariat agama. baik dalam hal menjalankan amar Allah dan menjawuhi larangan Allah.
Sodara sekalian semoga kita senantiasa menjadi hamba Allah yang serta dalam ridha Allah, dan jauh dari murkanya.
Sumber: #kitab hidayatus salikin
                 #pesan mulia imam Al Ghazali

Komentar