Undang undang yang maha sempurna

Almuzhanni89
Assalamu'alaikum wahai saudara saudari ku sekalian, semoga kita selalu dalam ridha Allah. Saudara ku seiman dan seaqidah. Jauh jauh masa Tak asing lagi bagi kita dengan kata kata "undang undang." Baik itu dalam bingkai PBB, Negara bahkan yang paling kecil yakni dalam keluarga. Undang undang yang di susun sedemikian rupa, bertujuan sebagai sarana mengatur seseorang agara terarah dalam menjalani kehidupan. Namun bukanlah undang undang bila kehadiran nya untuk merosak, bahkan menjerumus seseorang jauh dari kedisiplinan. Oleh karena demikian, seindah indah undang undang yantelah di susun manusia, tentu ada kekurangan nya. Lalu dimanakah undang undang yang sempurna itu berada??? Jawabannya tak lain dan tak bukan, yakni undang undang yang telah Allah cantumkan di dalam Alquran.

Sauadara...
Jauh sebelum masa di dunia ini di bentuk suatu lembaga yang di namakan dengan PBB. Jauh sebelum masa dimana negara negara merdeka membentuk suatu undang undang. Allah subhanahu wata'ala menciptakan undamg undang,  yang bertujuan mengarah manusia kejalan yang diridhai nya. Sebagaimana Allah berfirman dalam surat Ibrahim  potongan ayat pertama. Allah berfirman yang artinya "Alif lam ra, kitab yang kami turunkan kepada kamu, bertujuan untuk mengeluarkan kamu dari kezhaliman (kegelapan)  menuju jalan yang terang benderang (diridhai Allah) dengan seizin tuhanmu..."

Saudara, dari arti firman Allah diatas dapat kita pahamai. Seluruh kitab yang Allah turunkan,  baik Alquran, taurat zabur begitu pula dengan injil, semuanya bertujuan untuk mengatur, mengarah manusia menuju jalan yang diridhai nya. Oleh karena demikian, rasanya tidaklah salah bila kita mengartikan, semua isi dari kita yang Allah turunkan dengan istilah "undang undang. " sebagaimana kita maklumi bersama undang undang bertujuan untuk mengatur masyarakat dalam sebuah negara bahkan sebuah lembaga, begitu pula dengan kitab yang Allah turunkan, juga untuk mengatur manusia menuju jalan yang diridhai Allah.  Lalu bila kita ingin membanding bandingkan, mana sih undang yang paling sempurna???. Jawaban nya taklain dan takbukan ialah Alquranulkarim. Sebagaimana kita pahami bersama, Alquran merupakan maqsud dari kalam ilahi,  sedangkan  undang undang dalam sebuah negara,  merupakan hasil buah pikiran manusia. Sebagaimana kita yakini manusia merupakan ciptaan Allah semata. Maka tidak logis bila kita berpendapat "undang undang hasil buah pikiran manusia lebih sempurna dari Alquranul karim, yang notabene merupakan maqsud dari kalam Rabbana. Oleh karena demikian, tak sepatautnya kita mendahulukan hasil pikiran manusia serta meninggalkan kalam Rabbana. Karena kita akui sendiri, kita merupakan ciptaan Allah subhanahu wa ta'ala. "

Saudara kiranya tulisan ini bermanfaat sebagai kajian kita bersama. Dimana ada kekurangan dan kesalahan mohon sama sama kita koreksi bersama. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

Sumber :#kajianislamiAlquran

Komentar