Sang panglima Khairuddin Barbosa

Almuzhanni 89
Assalamu'alaikum sahabat sekalian semoga kita senantiasa dalam ridha Allah. Sahabat, dari setiap perjuangan ummah islam dalam menggapai kejayaan, begitu pula dalam menyebarkan agama islam selalu melahirkan para pejuang pejuang baru. Baik mereka yang terkenal saat di usia tua, ada juga mulai remaja ada pula di saat memasuki menjadi insan dewasa. Perjuangan tersebut baik di daratan timur tengah, di indonesia bahkan di ufuk dunia paling jauh sekalipun.

Sahabat sekalin, mungkin diantara kita ada yang pernah mendengar tentang nama seorang panglima muda dari kerajaan Turki ustmani. Dialah sang panglima Khairuddin barbosa. Dia merupakan sesosok panglima yang tegas, memiliki semangat juang yang tinggi dan taktik peperangan yang jitu. Kahiruddin merupakan nama aslinya, dia merupakan keturunan asli wilayah meidertania. Sedangkan barbosa merupakan nama panggilan yang di sematkan kepada nya oleh orang orang eropa. Adapun barbosa dalam bahasa spanyol berarti "jenggot merah". Nama ini di sematkan kepada nya memang karena sang panglima Khairuddin memiliki jenggot yang tebal dan berwarna agak kemerahan.

Sahahabat sekalian. Pernah terjadi suatu peperangan yang di pimping oleh sang panglima. Dimana perang tersebut terjadi di lautan. Barbosa membawa kapal perang berjumlah di kisaran 133 kapal kecil dan besar. Serta didukung oleh lebih kurang 3000 pasukan.  Sedangkan dari pihak lawan memiliki armada dan pasukan duakali lipat dati jumlah pasukan Barbosa. Dalam perang ini, sang panglima bejenggot merah berhasil memenangkan nya. Berkat kemampuan nya dalam menyusun rancangan dan taktik perang yang jitu. Tentunya yang paling utama ialah, semua atas bantuan Allah.

Barbosa juga dikenal sebagai pribadi yanh santun dan bijak. Karena sikap inilah dia mudah dalam menggaet para pasukan dan mendapat sambutan yang hangat dari para pasukan dan di teladani serta di hormati. Dia tidak pernah merasa dirinya sebagai orang yang paling berkuasa atas pasukan nya. Namun,  baginya semua nya sama.

Sahabat sekalian. Mungkin cukup sampai disini sedikit cerita singkat tentang sang panglima islam yang berjenggot merah. Semoga kisah ini menjadi cerminan dan penyemangat bagi kita dalam memperjuangkan agama Allah.
Bila ada tulisan yang salah mohon di perbaiki dan di perbanyak maaf. Wassalamualaikum

Sumber : #sejarahparapejuangislam

Komentar