Jenis masker mana sih yang efektif kita gunakan selama sakit atau untuk melindungi diri sendiri wabah covid

Jenis masker mana sih yang efektif kita gunakan selama sakit atau untuk melindungi diri sendiri?


ada 3 macem masker yang kita biasa temui sehari-hari

1. masker N95, yang mulai terkenal semenjak terjadinya wabah covid.. sebenarnya masker ini biasa digunakan oleh pekerja yang berhubungan dengan debu-debuan seperti tukang bangunan yang gunanya untuk menyaring partikel-partikel debu ataupun logam yang bisa menginfeksi saluran pernafasan.

2. masker bedah, yang paling sering kita lihat dimana-mana dan cukup murah harganya. awalnya masker ini digunakan oleh tenaga medis yang bekerja di rumah sakit ataupun berkontak dengan pasien-pasien yang sedang sakit. nah masker ini memiliki lapisan luar dari plastik sehingga bisa menahan kadar air yang sedikit, sehingga cukup baik digunakan untuk menahan droplet dan menyaring virus atau bakteri untuk masuk ke saluran pernafasan.
masker ini yang bagus memili 2 warna, warna putih dan warna terang.. penggunaannya adalah warna terang selalu diluar, warna putih selalu di dalam, tidak bisa digunakan secara terbalik karena tidak akan efektif. serta bagian atas yang ada bagian lawtnya sehingga masker dapat menutupi bagian hidung dengan baik sesuai dengan bentuk hidung masing-masing.

3. masker kain, jni hanya untuk menahan bau-bauan seperti asap, tapi tidak efektif bila digunakan untuk menyaring virus ataupun bakteri dan mikroorganisme lain yang ukurannya kecil. serta tidak dapat mencegah masuknya cairan atau droplet kedalam saluran pernafasan.

Komentar